Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik

Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik  РProkariotik dan Eukariotik bagi anda yang bukan orang yang kuliah di jurusan mipa khususnya biologi mungkin agak asing jika mendengar 2 istilah ini.

Pengertian Prokariotik dan Eukariotik

Prokariotik merupakan mahluk hidup yang tidak memiliki inti sel sedangkan Eukariotik merupakan makhluk hidup yang memiliki inti sel. Didalam sistem klasifikasi prokariot dan eukariot merupakan 2 buah domain. Dalam sistem klasifikasi makhluk hidup dibedakan menjadi 3 domain yaitu Prokariot, Eukariot dan Archea.

Apa Saja Yang Masuk Kedalam Prokariotik dan Eukariotik ?
Yang masuk ke dalam prokariotik adalah bakteri sedangkan yang masuk ke dalam eukariotik adalah hewan, tumbuhan dan jamur. Archea merupakan mahluk hidup yang tidak memiliki inti sel tetapi bukan termasuk prokariotik maupun eukariotik dan merupakan sebuah domain tersendiri.

Perbedaan Prokariotik dan Eukariotik

Prokariot dan Eukariot memiliki banyak perbedaan sehingga dikelompokkan ke dalam domain yang berbeda. Namum antara prokariot dan eukariot terdapat 6 perbedaan yang mendasar yaitu:

  1. Perbedaan paling mendasar dari prokariotik dan eukariotik adalah prokariotik tidak memiliki inti sel sedangkan eukariotik memilikinya.
  2. Prokariotik juga tidak memiliki organel sel bermembran sedangkan eukariotik ada.
  3. Pada dinding sel Prokariotik terdapat peptidoglikan sedangkan pada eukariotik tidak ada peptidoglikan.
  4. Prokariotik sensitiv terhadap antibiotik sedangkan eukariotik tidak sensitif.
  5. Prokariotik hanya memiliki 1 macam RNA polimerase sedangkan Eukariotik memiliki beberapa macam
  6. Asam amino inisiator untuk awal sintetis prokariotik adalah Formylmethionine sedangkan pada Eukariotik Methionin

Itulah 6 Perbedaan mendasar antara prokariotik dan Eukariotik.

Jika tidak memiliki inti sel dimana DNA prokariotik disimpan?

Dna prokariot berada dalam sitosol,dan bernama nucleoid yang tidak tertutup oleh membran sel. Karena tidak tertutup membran sel ini lah makanya bakteri sangat mudah mengalami mutasi. Selain itu DNA dari bakteri lain dapat masuk dan ke dalam sel bakteri dan merubah sifat bakteri tersebut.

Bagaimana Bentuk DNA Prokariotik dan Eukariotik?

Bentuk DNA prokariot berbentuk lingkaran sederhana sedangkan Eukariotik berbentuk seperti tali yang diuntai dan disebut dengan kromosom.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *