Mengapa Memakan Daging Binatang Buas Diharamkan?

Rasulullah saw bersabda “Diharamkan bagi umatku (untuk dimakan) semua yang bercakar dari jenis burung dan semua yang bertaring dari binatang buas” (HR Abu Dawud).

Dari hadist tersebut sudah jelas kalau secara Fiqih memakan daging burung yang bercakar dan binatang buas yang bertaring itu hukumnya haram.

Tapi apa sih sebabnya mengapa daging binatang buas itu diharamkan? Paling tidak ada 3 alasan mengapa memakan daging binatang buas diharamkan.

Yang pertama tentu kita sedang diuji oleh Allah swt, kita di beri pilihan ini daging halal dan ini daging haram. Apakah kita akan mematuhi perintah Allah swt? Jika kita mematuhinya kita berarti lulus ujian. Kalau tidak ya berarti kita gagal mengikuti ujian. Dan kalau gagal ujian tentulah ada konsekuensi yang harus kita tanggung.

Selain hal itu Ilmu gizi modern menetapkan bahwa masyarakat yang mengkonsumsi daging binatang buas akan mewarisi sifat sifat binatang yang dimakannya, karena kandungan hormon yang ada pada binatang buas ini dapat  sifat mereka yang memakannya.

Binatang buas ketika hendak menerkan mangsanya, muncul dalam tubuhnya hormon hormon yang membantunya menyerang dan menerkan mangsanya.

Saya kutib dari Alsowah.or.id di artikel tersebut dikatakan ada seorang Doktor dari inggris yang bernama Dr. S.Liebig mengatakan bahwa,”Sesungguhnya hormon-hormon ini keluar di tubuh binatang tersebut, walaupun dia berada di dalam kandangnya ketika disodorkan kepadanya sepotong daging untuk dimakannya.”

Telah dilakukan sebuah penelitian mengenai masalah ini dimana sebuah suku yang menganggap daging daging binatang buas berperilaku lebih barbar, bahkan sampai sampai mereka juga memakan sesama manusia.

Ketika manusia suka memakan daging binatang buas, maka perubahan sifat dalam dirinya akan muncul, yaitu guncangan seksual, hilangnya rasa cemburu terhadap orang lain, hilangnya penghormatan terhadap aturan rumah tangga, hilangnya harga diri, dan lain-lain.

Alasan Ketiga mengapa binatang buas diharamkan adalah karena jika binatang buas halal dikonsumsi maka akan terjadi kepunahan. Dalam piramida makanan binatang buas berada di bagian teratas. Jumlah binatang buas jika dibandingkan dengan binatang herbivora jumlahnya tidak sebanding, jauh lebih banyak herbivoranya. Kemampuan reproduksi binatang buas pun sangat rendah, jika binatang buas diburu manusia untuk dimakan maka akan punah. Sekarang saja tanpa diburu manusia banyak binatang buas punah apalagi jika diburu manusia. Dan akibat kepunahan binatang buas ini dapat menyebabkan kekacauan dalam ekosistem akibat hilangnya predator.

Itulah 3 sebab Mengapa Memakan Daging Binatang Buas Diharamkan yang semoga dapat meningkatkan keimanan kita akan pengetahuan ini. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *