Keutamaan Orang yang Bersifat Lembut dan Mudah Memaafkan

Keutamaan Bersikap Lemah LembutBismillahirohmanirohim

Pada artikel kali ini marilah kita membahas Keutamaan Orang yang Bersifat Lembut dan Mudah Memaafkan dalam agama islam. Rasulullah saw merupakan orang yang lembut dan mudah memaafkan. Banyak sahabat masuk islam karena kelembutannya.

Kita sebagai umat muslim, sudah sepatutnya mencontoh rasulullah saw. Kita sebaiknya harus berusaha lemah lembut ke orang lain dan mudah memaafkan apalagi ke sesama muslim. Jangan lah dikit dikit berantem, dikit dikit marah, dikit dikit menghujat. Astagfirullah. sabar sabar.

Padahal bersifat lemah lembut dan mudah memaafkan itu memiliki beberapa keutamaan yang disebutkan di dalam hadist rasulullah saw. Berikut keutamaanya :

1. Diharamkan atas neraka

Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa

Dari ibnu Mas’ud r.a dari Nabi muhammad saw. beliau bersabda,”Apakah kalian mau aku kabarkan tentang orang yang diharamkan atasnya neraka?” Mereka menjawab,”Tentu, wahai rasulullah!” Beliau bersabda,”Yaitu atas setiap orang yang lemah lembut, dekat (dengan manusia), lagi memudahkan.” (HR Ibnu Hibban no 470- Hadist shahih)

Masyaallah, tentu kita semua tidak ingin masuk neraka. Nah, supaya kita diharamkan atas neraka salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah menjadi pribadi yang lemah lembut.

2. Dicintai Allah swt

Ada 2 hadist yang mengatakan bahwa bersifat lembut  itu akan dicintai oleh Allah swt. Berikut hadistnya :

Dari Abu ‘Inabah al-Khaulani r.a, Nabi saw bersabda, “Sesungguhnya Allah Ta’ala memiliki bejana rahmatnya pada penghuni bumi dan bejana tuhanmu ada di hati hamba hambanya yang shalih. Yang paling dicintai di sisinya adalah yang paling berhati lembut dan pengasih.” (Musnad Asy-Syamiyyin lith-Thabrani no 480 dan Shahih al-Jami’ no 2163 – Hadist Hasan)

Disebutkan pula Dari Aisyah r.a bahwasanya Nabi saw. bersabda kepadanya,”Sesungguhnya Allah itu mahalembut. Dia mencintai sikap lemah lembut. Allah akan memberikan pada sikap lemah lembut sesuatu yang tidak dia berikan pada sikap yang keras dan juga memberikan apa apa yang tidak diberikan pada sikap lainnya.” (HR Muslim no 2593 dan Abu dawud no 4807 – Hadist Shahih)

3. Akan diberikan kebaikan

Dari Abu Darda’ r.a Nabi saw bersabda,”Siapa diberikan kepadanya bagian dari kelembutan, berarti telah diberikan kepadanya bagian dari kebaikan. ….” (Hr Turmudzi no 2013-Shahih)

Sangat luar biasa bukan keutamaan bersifat lembut dan mudah memaafkan, hanya dengan bersifat seperti itu akan dicintai Allah swt, diharamkan atas neraka dan akan diberikan kebaikan kepada kita.

Yakin masih mau bersifat kasar dan tidak mau atas itu semua?

Yuk kita berusaha bersifat lemah lembut, semoga kita semua dapat bersifat seperti itu sehingga dapat membantu kita untuk menjauhi neraka dan mendekatkan diri kita kepada Allaw swt.

Amin

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *