Hati Hati, Setan itu Sangat Lihai

Setan merupakan musuh utama manusia karena setan setiap hari berusaha menjerumuskan manusia ke dalam api neraka. Setan memiliki kelihaian yang luar biasa, termasuk mampu menggunakan momentum untuk meniupkan ilusi kepada manusia.

Sabda Rasulullah saw,”Setan mengikat tengkuk kepala seseorang diantara kalian dengan tiga ikatan. Dan ia menempatkan ikatan itu pada tempatnya sepanjang malam di waktu tidur. Apabila seseorang bangun lalu menyebut nama Allah, maka lepaslah ikatannya. Apabila ia berduwhu maka lepaslah ikatannya. Apabila ia shalat, maka lepaslah ikatannya, maka bertambahlah orang tersebut akan rasa semangat dan jiwa yang baik. Kalau tidak, niscaya ia akan mendapatkan jiwa yang jelek lagi malas.”( HR Muttafaq Alaih diriwayatkan juga oleh Muslim No.1295)

Setan memiliki kelihaian dalam melihat momentum, ketika anda tidur, maka ia mengikat anda. Sehingga anda tidak bisa bangun untuk berzikir kepada Allah swt melakukan qiyamul lail, shalat tahajud, hajar , witir dan sholat shubuh. Kepada anda setan akan meniupkan kedamaian, mimpi mimpi indah saat tidur. Maka jadilah anda malas, malas bangun, juga malas mengerjakan ibadah.

Demikian pula saat anda mengalami tekanan hidup. Setan akan meniupkan kidung kidung keindahan kepada anda tentang lezatnya meminum khamar. Dalam keadaan tersebut setan akan mengatakan,”Jika kamu meminum khamar, maka segala apa yang kamu galaukan akan sirna.” Jika anda tidak kuat iman, maka bisa jadi akan terperosok dan jadilah anda pecandu minuman haram ini.

Allah swt bersabda :

يَعِدُهُمْ وَيُمَنِّيهِمْ ۖ وَمَا يَعِدُهُمُ الشَّيْطَانُ إِلَّا غُرُورًا

Artinya :

Syaitan itu memberikan janji-janji kepada mereka dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, padahal syaitan itu tidak menjanjikan kepada mereka selain dari tipuan belaka. (QS. an Nisa’ : 120)

intinya setan memiliki kelihaian untuk mengemas sesuatu yang buruk menjadi sesuatu yang terlihat baik.

Salah satu contohnya adalah kisah tentang seorang ahli ibadah bernama Barshisa.  Ia berhasil terbuai oleh tipu daya iblis yang  mengatakan bahwa ia akan diajari supaya dapat gigih beribadah tetapi justru ia akhirnya malah terjerumus ke maksiat dan akhirnya meninggal dalam keadaan kafir.dengan orang lain.”

Begitulah setan merupakan makhluk allah yang sangat lihat, sehingga kita perlu hati hati dan waspada terhadap trik yang setan lakukan.

Semoga kita semua tidak tergoda oleh godaan setan yang terkutuk.

Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *