Contoh Karakter Orang Munafik : Mencela Orang Taat

MunafikManusia munafik memang merupakan musuh dalam selimut, orang munafik ini mengaku sebagai islam tetapi justru memusuhi agama islam dari dalam.

Pengakuan keislamannya hanya kedustaan belaka, salah satu contoh karakter orang munafik adalah setiap melihat orang yang menjalankan sunah dan kewajibannya dalam beribadah justru  menghalangi dan mencelanya.


Menurut ustadz Adi Hidayat, orang orang munafik ini ada yang pandai berbicara tentang agama islam tetapi dia justru dengan kepandaiaanya ini menjerumuskan orang lain.

Sebagai contoh orang orang yang beragama islam yang mengatakan jika semua agama itu sama, dan semua tuhan itu sama.

Selain contoh yang diberikan ustadz adi hidayat, kita mungkin pernah mendengar kalau ada seorang kiai yang mengatakan bahwa semakin panjang jenggot maka semakin bodoh orang itu, astagfirullah.

Padahal memelihara jenggot sendiri merupakan sunnah nabi besar muhammad saw. Ada banyak hadist yang memerintahkan jenggot ini diantaranya hadist sahih riwayat imam muslim yang berbunyi

أَحْفُوا الشَّوَارِبَ وَأَعْفُوا اللِّحَى

Potong pendeklah kumis dan biarkanlah (peliharalah) jenggot.” (HR. Muslim no. 623)

Orang orang seperti ini merupakan orang yang sangat berbahaya  bagi islam karena dapat Membawa Keburukan dan Menghalangi Kebaikan kepada kita.

Saking berbahayanya orang munafik ini menurut ustad adi hidayat akan dimasukkan neraka jahanam lebih dahulu daripada orang kafir.

Jikalau orang kafir masuk neraka wajar, karena memang tidak ada iman. Kalau orang munafik ini, ada iman ada ilmu tetapi justru malah digunakan untuk menyesatkan orang lain.

Bagi orang munafik, menghina dan mencela terhadap kaum muslimin dan orang orang yang shalih itu merupakan suatu hal yang biasa, bahkan bisa dikatakan sebagai keharusan bagi mereka.

Karena dengan cara demikian, mereka dapat merendahkan dan meremehkan kaum muslimin, secara otomatis menganggap dirinya lebih mulia dan lebih terhormat.

Walau begitu untuk menghadapi orang orang seperti ini kita jangan ikut ikutan menghinanya apalagi menghinanya di sosial media. Jika bisa kita nasihati secara langsung, jika tidak bisa kita tinggalkan. Tak usah kita follow, tak usah kita komentari dan tak usah kita anggap dan kalau orang orang ini berceramah tak usah didatangi.

Itulah salah satu contoh karakter orang munafik yang sangat membahayakan diri kita.

Semoga kita semua diberi ilmu sehingga tidak terjebak oleh kata kata orang munafik.

Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *